Monday, February 17, 2014

RESUME PERKULIAHAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PADA PERTEMUAN KE-2 SELASA, 11 FEBRUARI 2014



 
MENGAPA HARUS BELAJAR MARKETING (PEMASARAN) ?
Ø  Ada banyak factor yang berkontribusi agar membuat perusahaan itu sukses dalam berbisnis, yaitu :
-          Kuatnya fokus pada konsumen, dan
-          Besarnya komitmen untuk memasarkan.
Ø  Dia harus mendedikasi untuk memahami dan memuaskan pelanggan.
Ø  Mereka harus memotivasi semua orang yang ada di lingkup organisasi tersebut, apapun yang kita lakukan kepada pelanggan, semua untuk memuaskan pelanggan.

MARKETING
Merupakan proses social (manajerial) yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk memperoleh apa yang dibutuhkan atau diinginkan melalui membuat atau mempertukarkan produk dan nilai.
Ø  Kebutuhan : Sesuatu yang harus dimiliki
Ø  Keinginan : Pilihan yang dimau

PRODAK
Segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, bisa diperoleh, digunakan, atau sesuatu yang di konsumsi yang dapat diinginkan atau dibutuhkan.
Objek-objek fisik, pelayanan (dart TU, Dosen, Guru), orangnya, tempatnya, organisasinya (lembaga yang mengelolanya), dan ide (Contoh : seorang  arsitek hanya menuangkan gagasannya).
Sifatnya :
Ø  Tangibles : Berwujud (dapat dirasakan oleh organ tubuh).
Ø  Intangibels : Tidak Berwujud (tidak dapat dirasakan oleh organ tubuh).

KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN JASA
Ø  Value (Nilai)                           : Tidak selalu berupa angka.
Ø  Satisfaction (Memuaskan)      : Dapat memuaskan orang dan diri sendiri.
Ø  Quality (Kualitas)                   : Bisa dibandingkan dengan orang lain dan bisa dengan     value (nilai).
Ø  Exchange (Pertukaran)            : Jika mendapatkan sesuatu, harus bisa memberikannya juga (timbale balik).
Ø  Transaction (Transaksi)           : Sebuah kesepakatan antara pembeli dan penjual.
Ø  Relationship (Relasi)               : Relasi yang penting untuk mendapatkan sesuatu, seperti teman atau jaringan lainnya.

FILOSOFI DALAM MANAJEMEN PEMASARAN JASA
1.      Production Concept (Konsep Produksi)         : Semakin banyak barang yang di produksi, maka semakin murah harga produk yang dihasilkan.
2.      Product Concept (Konsep Produk)                : Mengutamakan kualitas produk yang dihasilkan (bersifat eksklusif).
3.      Selling Concept (Konsep Penjualan)              : Bersikap agresif saat menawarkan produknya.
4.      Marketing Concept (Konsep Pemasaran)       : Mempertimbangkan segala sesuatunya, bagaimana produk yang dijual.
5.      Social Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial)          : Perusahaan menjelaskan bahwa tidak semata-mata mengambil keuntungan tetapi peduli dengan lingkungan. Biasanya CSR (Customer Share Relationship).

No comments:

Post a Comment