Saturday, May 24, 2014

PROMOSI ATAU KOMUNIKASI PEMASARAN

PROMOSI ATAU KOMUNIKASI PEMASARAN

Promosi (Advertising) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Dalam mengembangkan proram iklan, manajer perusahaan harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan lima keputusan utama (5 M).
5M tersebut, yaitu :
1.      Mission (Misi)
-          Tujuan penjualan
-          Tujuan Iklan : Apakah iklan tersebut sekedar informasi/ menuntut orang untuk melakukan sesuatu (tertarik).
2.      Money (Uang)
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan :
-          Tahap-tahap dalam PLC
-          Pangsa pasar dan  basis konsumen
-          Persaingan dan kerumunan (crowded)
-          Frekuensi iklan : asumsinya, makin sering iklan diputarkan orang-orang mengingatnya.
-          Kemampuan penggantian produk
3.      Message (Pesan) : 
-          Pembentukan pesan
-          Evaluasi dan pemilihan pesan : pesan yang diperoleh
-          Pelaksanaan pesan : siapa yang menyampaikan.
-          Review tanggung jawab sosial
4.      Media :
-          Jangkauan, frekuensi, dampak
-          Jenis media utama : media yang digunakan apakah tv, radio, koran, dsb?
-          Sarana media khusus
-          Penetapan waktu media
-          Alokasi media geografis : misalnya koran kompas, akan timbul di berbagai daerah, tetapi koran Solo (Solopos) yang terbatas, jadi hanya orang-orang Solo saja yang baca.
5.      Measurement (pengukuran) :
-          Dampak komunikasi
-          Dampak penjualan

Mengembangkan dan mengelola program iklan :
A.    Menentukan Tujuan
Tugas komunikasi khusus dan  tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemuas tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Tujuan iklan antara lain :
-          Iklan persuasif
-          Iklan remembering, dll.
B.     Memutuskan Anggaran Iklan
C.     Mengembangkan Kampanye Iklan
Periklanan selalu mencari “ide hebat” yang menghubungkan  merk dan konsumen secara rasional dan emosional, membedakan merk dari pesaing dengan tajam, cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar dan periode waktu.
Iklan : televisi, media cetak, radio.
Masalah hukum dan sosial : pengiklan tdk boleh membuat pernyataan yg salah, menipu, tak boleh menyerang masyarakat umum dan kelompok etnis, ras, dll.
1.      Memutuskan media dan mengakui efektivitas
2.      Memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak
Pemilihan media adalah proses menemukan media yang paling efektif biaya untuk menghantarkan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan kepada pemirsa
3.      Memilih jenis media utama
Variabel yang diperhatikan antara lain :
-          Kebiasaan pemirsa media sasaran
-          Karakteristik produk
-          Karakteristik pesan
4.      Biaya
-          Alternatif opsi iklan :
a.       Iklan tempat : papan iklan, ruang publik seperti pesawat terbang
b.      penempatan produk yakni dalam film atau acara TV atau dalam bentuk Advertorial
c.       titik pembelian : yakni iklan dalam toko seperti di kereta belanja, lorong dan rak.
-          Memilih sarana media khusus
-          Menentukan penentuan waktu dan alokasi media
5.      Klasifikasi  pola penentuan waktu iklan :
-          Kontinuitas : paparan muncul serta konsisten sepanjang periode tertentu
-          Konsentrasi : memerlukan pembelanjaan semua uang untuk iklan dalam satu peride
-          Bersela : memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua
-          Berdenyut : iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodik.
6.      Promosi penjualan
Terdiri dari koleksi alat insentif yang dirancang untuk menstimulasi pembelian yang cepat atau lebih besar atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau perdagangan. Mencakup = promosi konsumen, promosi dagang, promosi bisnis dan tenaga penjualan.
-          Acara dan pengalaman (contoh : kampus bikin pameran, seminar, open house, dll)
Tujuan acara antara lain :
-          Mengidentifikasi pasar sasaran atau gaya hidup tertentu
-          Meningkatkan kesadaran perusahaan atau nama produk
-          Menciptakan atau memperkuat persepsi tentang asosiasi citra merk kunci.
7.      Memasarkan hubungan masyarakat :
Contoh = mc donalds mensponsori acara lingkungan khusus di komunitas latin dan amerika untuk beritikad baik.

No comments:

Post a Comment