Pertemuan ke-3 Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan (Konsep Dasar Jasa)
PERTEMUAN KE-3
MANAJEMEN PEMASARAN
JASA PENDIDIKAN
Pada
pertemuan ke-3 ini membahas “Konsep
Dasar Jasa”
Menurut Zenthaml and
Bitnen, 1996.
Jasa
atau pelayanan adalah semua aktifitas ekonomi yang bukan berdampak fisik yang
secara umum jasa di konsumsi pada saat di produksi. Kualitas tergantung antara
konsumen dengan produsen. Produsen harus lebih aktif dan memberikan nilai
didalamnya seperti kenyamanan, hiburan, merasa sehat.
Jadi,
Jasa atau Pelayanan adalah kegiatan
atau manfaat yang disediakan oleh sekelompok kepada orang lain yang sifatnya
intangible (tak berwujud) dan hasilnya tidak dapat dimiliki. Jasa itu bisa
berhubungan atau tidak berhubungan dengan produk fisik.
Karakteristik Jasa :
1.
Intangibility
Ø Tidak
dapat dirasa, diraba, dicium, didengar, sebelum jasa itu dibeli (menggambarkan
kinerja).
Ø Pelanggan
membeli jasa, bisa dikonsumsi tetapi tidak bisa memiliki.
Ø Kualitas
jasa tampak pada tempat, orang, bahan-bahan, harga, dan simbol.
Ø Tugas
penyedia jasa : Managing the evidence, tangibilize the intangible (Levit,
1977).
2. Inseparability
Ø Jasa
dijual dulu, diproduksi dan di konsumsi secara bersamaan.
Ø Interaksi
penyedia dan pelanggan mempengaruhi hasil jasa (kualitas).
Ø Kunci
sukses pada kualitas penyedia dan keterlibatan pelanggan.
Ø Fasilitas
pendukung dan pemilihan lokasi penyediaan jasa menjadi pertimbangan utama
pelanggan.
3. Variability
Ø Nonstandardized
output : bervariasi bentuk, kualitas, jenis.
Ø Penyebabnya
: kerjasama pelanggan, motivasi penyedia layanan, beban kerja perusahaan
(Boove, Houston dan Till, 1995).
Ø Upaya
untuk menjaga kualitas jasa : investasi personil, standarisasi proses, memantau
kepuasan pelanggan.
Ø Costumization
: Desain kebutuhan pelanggan.
4. Perishability
Ø Komoditas
jasa tidak tahan lama, tidak dapat disimpan.
Ø Bisa
disimpan dalam bentuk reservasi.
Ø Permintaan
pelanggan bervariasi dipengaruhi oleh musim.
Kunci Sukses Jasa :
1. Pembaharuan
jenis jasa.
2.
Lokalisasi titik sistem pelayanan.
3.
Memanfaatkan kontrak jasa.
4.
Menggunakan strategi informasi.
5. Nilai-nilai
strategis apa yang diketahui dari bisnis jasa.
No comments:
Post a Comment