Monday, February 24, 2014

Pertemuan ke-3 Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan (Konsep Dasar Jasa)



PERTEMUAN KE-3

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN


 


Pada pertemuan ke-3 ini membahas “Konsep Dasar Jasa”


 


Menurut Zenthaml and Bitnen, 1996.


Jasa atau pelayanan adalah semua aktifitas ekonomi yang bukan berdampak fisik yang secara umum jasa di konsumsi pada saat di produksi. Kualitas tergantung antara konsumen dengan produsen. Produsen harus lebih aktif dan memberikan nilai didalamnya seperti kenyamanan, hiburan, merasa sehat.


 


Jadi, Jasa atau Pelayanan adalah kegiatan atau manfaat yang disediakan oleh sekelompok kepada orang lain yang sifatnya intangible (tak berwujud) dan hasilnya tidak dapat dimiliki. Jasa itu bisa berhubungan atau tidak berhubungan dengan produk fisik.


 


Karakteristik Jasa :


1.      Intangibility


Ø  Tidak dapat dirasa, diraba, dicium, didengar, sebelum jasa itu dibeli (menggambarkan kinerja).


Ø  Pelanggan membeli jasa, bisa dikonsumsi tetapi tidak bisa memiliki.


Ø  Kualitas jasa tampak pada tempat, orang, bahan-bahan, harga, dan simbol.


Ø  Tugas penyedia jasa : Managing the evidence, tangibilize the intangible (Levit, 1977).


2.      Inseparability


Ø  Jasa dijual dulu, diproduksi dan di konsumsi secara bersamaan.


Ø  Interaksi penyedia dan pelanggan mempengaruhi hasil jasa (kualitas).


Ø  Kunci sukses pada kualitas penyedia dan keterlibatan pelanggan.


Ø  Fasilitas pendukung dan pemilihan lokasi penyediaan jasa menjadi pertimbangan utama pelanggan.


3.      Variability


Ø  Nonstandardized output : bervariasi bentuk, kualitas, jenis.


Ø  Penyebabnya : kerjasama pelanggan, motivasi penyedia layanan, beban kerja perusahaan (Boove, Houston dan Till, 1995).


Ø  Upaya untuk menjaga kualitas jasa : investasi personil, standarisasi proses, memantau kepuasan pelanggan.


Ø  Costumization : Desain kebutuhan pelanggan.


4.      Perishability


Ø  Komoditas jasa tidak tahan lama, tidak dapat disimpan.


Ø  Bisa disimpan dalam bentuk reservasi.


Ø  Permintaan pelanggan bervariasi dipengaruhi oleh musim.


 


Kunci Sukses Jasa :


1.      Pembaharuan jenis jasa.


2.      Lokalisasi titik sistem pelayanan.


3.      Memanfaatkan kontrak jasa.


4.      Menggunakan strategi informasi.


5.      Nilai-nilai strategis apa yang diketahui dari bisnis jasa.


No comments:

Post a Comment