Monday, May 5, 2014

Saluran Distribusi (Saluran Distribusi Global)

SALURAN DISTRIBUSI GLOBAL

Landasan Teori
Distribusi merupakan salah satu keputusan penting yang menentukan keberhasilan pemasaran global. Akselarasi siklus hidup produk dan meningkatnya kebutuhan kapital untuk riset dan pengembangan produk menuntut entri pasar global yang cepat ke sejumlah pasar nasional.

Proses Manajemen Saluran Distribusi
Keputusan distribusi merupakan keputusan strategik yang berdampak jangka panjang karena menyangkut komitmen dan biaya yang besar. Saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling terkait dan terlibat dalam  proses penyampaian atau penyaluran barang dan jasa dari 'point of origin' ke 'point of consumption' guna memenuhi kebutuhan pelanggan secara menguntungkan. Distribusi global memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan distribusi di pasar domestik. Karakteristik tersebut menyangkut kompleksitas variabel-variabel yang berpengaruh terhadap pilihan aktivitas-aktivitas internasional.

Tujuan dan Struktur Saluran Distribusi
1.      Utilitas Tempat (Place Utility)
Manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk ditempat yang diinginkan. Contoh : Mesin ATM ditempatkan diberbagai tempat yang strategis.
2.      Utilitas Waktu (Time Utility)
Tambahan manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk pada saat dibutuhkan. Contoh : Fasilitas ATM member pelayanan 24 jam.
3.      Utilitas Bentuk (Form Utility)
Manfaat yang dirasakan konsumen karena perubahan bentuk produk. Pemasaran secara tidak langsung memberikan manfaat bentuk melalui pemberian ide mengenai produk kepada bagian produksi. Contoh : Suatu bank membuat fasilitas ATM untuk memudahkan nasabah dan bagian produksi.
4.      Utilitas Informasi (Information Utility)
Ketersediaan informasi tentang fitur dan manfaat produk. Contoh : Fasilitas Customer Service bagi nasabah yang mempunyai ATM.
5.      Utilitas Kepemilikan (Ownership utility)
Produk akan bisa member manfaat yang optimal jika telah terjadi perpindahan kepemilikan. Pemasaran membantu berpindahnya kepemilikan suatu produk. Contoh : Nasabah dapat mengambil sendiri sejumlah uang yang dibutuhkan.

Efektivitas Saluran Distribusi Global
Kerangka 5C :
1.      Coverage                     : Kemampuan saluran distribusi untuk rnenjangkau pelanggan sasaran dalam rangka mewujudkan tujuan pangsa pasar dan pertumbuhan.
2.      Character                     : Kompatibilitas saluran distribusi dengan positioning produk yang diinginkan perusahaan.
3.      Continuity                   : Loyalitas saluran distribusi kepada perusahaan.
4.      Control                        : Kemampuan perusahaan untuk mengendalikan program pemasaran total untuk produk atau jasanya.
5.      Cost                             : Investasi yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan saluran distribusi, termasuk di dalamnya biaya tetap yang dibutuhkan untuk mengelola saluran distribusi (seperti sediaan, fasilitas, dan pelatihan wiraniaga).

Konflik dan Pengendalian Saluran Distribusi Global
Konflik dalam saluran distribusi terjadi manakala manajemen inter-organisasional bermasalah.
Sumber Konflik :
         Pertama, tujuan atau sasaran yang tidak selaras sering dijumpai antara pemanufaktur besar dan pengecer kecil.
         Kedua, konflik domain bisa dijumpai pada situasi pemanufaktur bersaing dengan beberapa pedagang grosirnya.
         Ketiga, persepsi berbeda terhadap realitas muncul jika ada persepsi yang tidak kongruen terhadap realitas karena masalah komunikasi teknis.

Inovasi dalam Saluran Distribusi Global
Inovasi saluran distribusi berkenaan dengan pencarian dan penemuan tipe perantara baru yang bisa dipakai untuk mendistribusikan produk atau jasa perusahaan.
Inovasi bisa dihasilkan dari tiga sumber :
1.      Perubahan teknologi yang memungkinkan perusahaan menggunakan tipe perantara yang sebelumnya tidak tersedia;
  1. Peraturan yang memungkinkan penciptaan tipe perantara tertentu;
  2. Eksperimentasi dengan tipe perantara yang sebelumnya belum pernah dicoba oleh eksportir.

Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCcQFjAA&url=http%3A%2F%2Fmp2globalink.files.wordpress.com%2F2008%2F06%2Fsaluran-distribusi-global.ppt&ei=1cBnU-2ROYHIrQe_roAw&usg=AFQjCNFZOfgD_9TsxmdaZq9LpxB7j1jyqw&sig2=ofuS6si3fxuq2ICZP290PA&bvm=bv.65788261,d.bmk

No comments:

Post a Comment