TUGAS
INDIVIDU
MANAJEMEN
PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
MEDIA SOSIAL “FACEBOOK”
Dosen :
Amril
Muhammad, S.E., M. Pd.
Disusun Oleh :
ARLYTA DWI ANGGRAINI
1445125821
KELAS B
MANAJEMEN
PENDIDIKAN 2012
MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2014
FACEBOOK
Jenis
situs
|
|
Pendaftaran
|
Perlu
|
Multibahasa (70)
|
|
Ditulis
dalam
|
|
Pemilik
|
|
Dibuat
oleh
|
|
Diluncurkan
|
|
Peringkat
Alexa
|
|
Status
saat ini
|
Aktif
|
Facebook adalah sebuah layanan jejaring
sosial
yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook
memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya
menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum
dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri
khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama
mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston,
Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka
diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak
di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah
10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang
paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
Entertainment
Weekly
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki
138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media
Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun
Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah
wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada
pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa
pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa
mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
SEJARAH
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu
Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang
diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua
foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang
paling seksi".
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard
yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu
itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan
informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan
foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup
kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg
dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu,
dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas
proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial
untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar
per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman
sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode
untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh
editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4
Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya
berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior
Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja
mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring
sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide
mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard
Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior
tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya
diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih
dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris
Hughes
segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.
Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke
sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan
Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan
pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada
Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto,
California.
Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri
pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The
dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan
nilai $200.000.
Pengguna aktif
|
|||
Tanggal
|
Pengguna
(juta) |
Jeda hari
|
Pertumbuhan bulanan[N 2]
|
26
Agustus 2008
|
100[31]
|
1.665
|
178.38%
|
8
April 2009
|
200[32]
|
225
|
13.33%
|
15
September 2009
|
300[33]
|
160
|
9.38%
|
5
Februari 2010
|
400[34]
|
143
|
6.99%
|
21
Juli 2010
|
500[35]
|
166
|
4.52%
|
5
Januari 2011
|
168
|
3.57%
|
|
30
Mei 2011
|
700[37]
|
145
|
3.45%
|
22
September 2011
|
800[38]
|
115
|
3.73%
|
24
April 2012
|
900[39]
|
215
|
1.74%
|
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada
September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada
waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.
Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari
sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal
26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka
telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan
Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak
mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008,
Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009,
Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama
kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham
perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di
AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai
kandidat berpotensi untuk penawaran umum
perdana
pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009.
Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus
sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan,
termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian
dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah
ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park,
California.
Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook
meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya
situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa
Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick.
Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook
adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center,
sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan
Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook membeli
aplikasi Instagram dengan nilai US$1 ($1 tahun 2014) miliar.
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan
harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104
miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO,
Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini
berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga
dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan
meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu,
jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari
setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO,
setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak
diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.
PERUSAHAAN
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan.
Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan
yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data
dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit
kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook
mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Pada 6 November 2007,
Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal
untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli
teman".
Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan
daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima
seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara
keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik
iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian
dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta
pencarian), sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04%
dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring
Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah
0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua
minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%,
2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs
web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa
pengguna Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan,
penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di
MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara
di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan
perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Tahun
|
Pendapatan
|
Pertumbuhan
|
2006
|
$52
|
—
|
2007
|
$150
|
188%
|
2008
|
$280
|
87%
|
2009
|
$775
|
177%
|
2010
|
$2.000
|
158%
|
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan
tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver, sebuah platform
pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh
tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye
iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta
tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk
iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut
menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan
video spanduk.
Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12
negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil
karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari
1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak
besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah
selebriti, dan investor asing. Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan teman
Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa
ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan
kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka
telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan.
Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan
ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari
sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.
SITUS
WEB
Halaman utama Facebook menampilkan formulir log masuk di
kanan atas untuk pengguna terdaftar, dan formulir pendaftaran di bawahnya untuk
pengunjung baru.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar
ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna
dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau
umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup
ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman
penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak
organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan
pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat
bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis untuk pengguna
dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna
dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat
mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga
menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
Profil Facebook tahun 2011.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di
antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya
adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka,
dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna
mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style
Sheets
(CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur
yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil
pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna
tersebut; Colek, yang memungkinkan pengguna
mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan
memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat pengguna dapat mengunggah
album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk
memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu.
Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat sebuah profil
pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli 2007, Facebook mulai
mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding
sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Antarmuka pengguna grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya.
Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di
setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan
profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal ini memungkinkan
pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan
membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil
atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara
pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan
penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya
mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang (seperti perubahan status
hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya
atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur
sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang
pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman
yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten terhadap
serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala
dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang
sama seperti pengguna lain.[103] Paten ini mendorong Facebook untuk
mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah
album dan foto. Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam
jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang
dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook
dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini
dinaikkan menjadi 200 foto per album.
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang
membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu
album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuannya
untuk "tag", atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya,
jika sebauh foto berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai
temannya di foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada
teman yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
Profil The Facebook tahun 2005
Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah
fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor
blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang
minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet bernama "Chat" ke
sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan
fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang
memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di
profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat
disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna
mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya
adalah daftar yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh
pengguna yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara
daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook
Beta", yaitu desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan.
Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka
berusaha untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana". Setelah awalnya
memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna
ke versi halaman baru pada September 2008. Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan
bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur
"Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook
melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi
diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi Facebook pada
telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif mengakses Facebook
melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan
"Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg
mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel
@facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah
diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat
menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan
diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan
meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki
"Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam
pengembangannya.
Profil Facebook tahun 2011.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di
antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya
adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka,
dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna
mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style
Sheets
(CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur
yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil
pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna
tersebut; Colek, yang memungkinkan pengguna
mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan
memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat pengguna dapat mengunggah
album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk
memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu.
Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat sebuah profil
pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli 2007, Facebook mulai
mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding
sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Antarmuka pengguna grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya.
Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di
setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan
profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal ini memungkinkan
pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan
membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil
atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara
pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan
penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya
mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang (seperti perubahan status
hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya
atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur
sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang
pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman
yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten terhadap
serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala
dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang
sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil
tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah
album dan foto. Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam
jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang
dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook
dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini
dinaikkan menjadi 200 foto per album.
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang
membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu
album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuannya
untuk "tag", atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya,
jika sebauh foto berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai
temannya di foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada
teman yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
Profil The Facebook tahun 2005
Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah
fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor
blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang
minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet bernama "Chat" ke
sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan
fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang
memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di
profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat
disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna
mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya
adalah daftar yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh
pengguna yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara
daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook
Beta", yaitu desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan.
Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka
berusaha untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana". Setelah awalnya
memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna
ke versi halaman baru pada September 2008. Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan
bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur
"Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook
melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi
diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi Facebook pada
telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif mengakses Facebook
melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan
"Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg
mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com,
namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi
sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya
sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada
semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan
meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki
"Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam
pengembangannya.
PENERIMAAN
Menurut comScore, Facebook adalah situs jaringan
sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing
utamanya, MySpace pada April 2008. ComScore
melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah
peningkatan sebesar 8,6 juta orang. Menurut Alexa, peringkat Facebook di antara
seluruh situs web menurut lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September
2006 hingga September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia. Quantcast dan Compete.com menempatkan Facebook pada peringkat
ke-2 menurut lalu lintas di AS. Situs web ini adalah yang paling populer untuk
mengunggah foto, dengan total 50 milyar unggahan foto.[128] Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report
2010" melakukan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya
mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah jaringan sosial yang memiliki
ancaman keamanan terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling
populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada, Britania Raya,
dan Amerika Serikat. Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi
ada di Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin
(58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).
Situs ini telah memenangkan berbagai penghargaan seperti
"Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine tahun 2007, dan "People's
Voice Award" dari Webby Awards tahun 2008. Dalam studi tahun 2006
yang dilakukan Student Monitor, sebuah perusahaan riset pasar mahasiswa
perguruna tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang
paling populer kedua di antara para sarjana, sejajar dengan bir dan kurang populer dibandingkan iPod yang menempati peringkat pertama.
Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan
perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang
muncul karena program Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup
or Product" dari Crunchie untuk ketiga kalinya secara
berturut-turut dan diakui sebagai salah satu "Perusahaan Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411. Tetapi,
menurut survei bulan Juli 2010 oleh American Customer Satisfaction Index, Facebook mendapatkan skor 64 dari
100 dan menempatkannya di bawah dari seluruh perusahaan swasta menurut kepuasan
pelanggan, bersama industri-industri seperti sistem berkas elektronik IRS, maskapai penerbangan dan perusahaan kabel. Alasan Facebook mendapat skor
rendah yaitu masalah privasi, sering berubahnya antarmuka situs, hasil yang
diberikan News Feed, dan spam.
Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook
merupakan protokol yang sah untuk melayani
pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini merupakan pengadilan hukum
pertama di dunia yang menetapkan bahwa panggilan pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook
adalah ikatan hukum. Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi
Selandia Bru, David Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh
perusahaan Axe Market Garden dilakukan melalui Facebook. Perusahaan (seperti Virgin
Atlantic Airways) juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap
terhubung dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman
mereka.
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas sehingga
kata kerja facebooking mulai digunakan untuk menjelaskan proses
pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri sendiri. Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan "Facebook"
sebagai Kata Tahun Ini. Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary mengumumkan kata tahun ini adalah
kata kerja "unfriend" yang didefinisikan sebagai
"Menghapus seseorang sebagai 'teman' di sebuah situs jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I
decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"
Pada April 2010, menurut The New York Times, negara yang memiliki pengguna
Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia. Indonesia telah menjadi negara
dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika
Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia. Pada
awal 2010, Openbook didirikan, sebuah situs web parodi (dan advokasi pribadi) yang
memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang
tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis The Wall Street
Journal
menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi identifikasi
kepada "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan Internet".
Aplikasi tersebut menggunakan referer HTTP yang memaparkan identitas pengguna
dan teman-temannya. Facebook mengatakan, "Kami telah melakukan tindakan
untuk mematikan semua aplikasi yang melanggar peraturan kami".
KRITIK
Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di
beberapa negara termasuk Republik Rakyat Cina, Vietnam, Iran, Uzbekistan, PakistanSuriah, dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda.
Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh
Facebook, situs ini dilarang di banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook
juga dilarang di beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang
waktu. Privasi pengguna Facebook juga dipermasalahkan dan keamanan
akun pengguna telah ditembus beberapa kali. Facebook berhasil menyelesaikan
tuntutan hukum mengenai klaim kode sumber dan properti intelektual.
DAMPAK POLITIK
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul
pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama untuk mengizinkan
pengguna memberi umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Repbulik dan
Demokrat tanggal 5 Januari. Charles Gibson menjadi moderator debat yang
diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. Pengguna Facebook turut
berpartisipasi dalam grup debat yang diatur berdasarkan topik tertentu,
mendaftar untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics'
di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon
pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat. Debat
ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang telah dialami
remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat untuk
berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan
di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook" telah
memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan
keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One
Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari
kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).[166] Bulan Agustus 2010, salah satu
situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.
Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris
yang memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan
kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah Britania kepada Facebook. Laporan
penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."
DI MEDIA
Wikinews memiliki berita news involving
Facebook:
|
- Pada usia 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook. Sebagai inspirasi bagi penghuni panti jompo tempat ia tinggal, ia langsung dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada awal 2010. Beberapa saat setelah membuat halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang menggunakan Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki 4.962 teman di Facebook dan lebih dari 56.000 pengikut di Twitter. Kematiannya dilaporkan secara luas di media dan ia menerima penghormatan dari sejumlah tokoh media terkenal.
- "FriendFace", episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.
- Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.
- Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan diberi nama MillatFacebook.
- "You Have 0 Friends", salah satu episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.
- The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook dirilis tanggal 1 Oktober 2010. Film ini menampilkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak ada anggota staf Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat dalam proyek ini. Namun, salah satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, adalah narasumber bagi buku Mezrich. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa The Social Network tidak akurat.
MANFAAT
FACEBOOK
Ø Untuk
Pendidikan
Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja
dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark
Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei
1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Saat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Rupanya itu tujuan awal facebook, untuk membuat komunitas online sehingga orang-orang bisa saling mengenal dan menghubungkan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Tapi apakah hanya sebatas itu manfaat dari facebook. Apakah facebook bisa dimanfaatkan untuk pendidikan? Ternyata bisa, ada 9 macam manfaat facebook untuk pendidikan antara lain :
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Saat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Rupanya itu tujuan awal facebook, untuk membuat komunitas online sehingga orang-orang bisa saling mengenal dan menghubungkan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Tapi apakah hanya sebatas itu manfaat dari facebook. Apakah facebook bisa dimanfaatkan untuk pendidikan? Ternyata bisa, ada 9 macam manfaat facebook untuk pendidikan antara lain :
- Tempat informasi hasil karya penelitian seperti Hasil Penelitian Tindakan Kelas(PTK).
- Membentuk komunitas pendidikan, seperti komunitas multimedia SMK Negeri 8 Semarang.
- Memberi informasi penting untuk siswa seperti tes CPNS untuk alumni.
- Wahana untuk memberikan pesan positif untuk siswa
- Tempat memberikan tugas guru kepada muridnya
- Tempat melaporkan tugas siswa.
- Tempat memberikan informasi berupa kisi-kisi soal
- Sarana untuk memberikan dukungan kepada temannya yang ikut lomba
- Tempat pengumuman nilai hasil ulangan
Ø Untuk Media
Pembelajaran
Media
internet tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, namun
juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri, pendidikan dan
pergaulan sosial. Khusus mengenai jejaring pergaulan sosial atau pertemanan
melalui dunia internet, atau dikenal dengan social network, pertumbuhannya
cukup mencengangkan. Sebagai contoh, situs Facebook kini telah memiliki sekitar
200 juta pengguna dengan sekitar 2 juta penggunanya ada di Indonesia.
Tren
pemanfaatan social network ini sebenarnya menjadi peluang yang cukup menarik
untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu media
pembelajaran. Dalam facebook kita sebagai pelajar atau siswa tidak haya dapat
bertegur sapa di chat facebook tapi juga bisa bertukar informasi. Atau bisa
juga membuat grup perkumpulan sekolah untuk sekedar bertukar ilmu dan
berkomunikasi secara luas dengan anggota lainnya. Jadi media social network
tidak hanya berfungsi untuk forum untuk berkomunikasi saja tapi juga menjadi
media untuk bertukar informasi antar anggota penggunanya.
Tahukah
Anda bahwa Indonesia termasuk pengguna Facebook tertinggi di ASEAN ?. Jika Anda
belum mengetahuinya, Sebagaimana kita ketahui Facebook merupakan media jejaring
sosial paling banyak digemari di seluruh dunia bahkan kini sudah merambah
Indonesia. Tak terkecuali orang Tua, muda, pegawai, pejabat, pendidik dan semua
kalangan menjadi penggemar Facebook.
Tanpa
mengindahkan fatwa MUI yang telah mengharamkan facebook, sebagian orang masih
asyik menggunakan facebook sebagai media untuk mencari teman sebanyak-banyaknya
atau pun untuk berkomunikasi dengan teman lama.
Sebagai
orang tua atau pendidik tentunya kita merasakan kekhawatiran akan dampak adanya
Facebook. Bisa jadi anak-anak kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan
facebooknya ketimbang belajar. Karena kita ketahui bahwa kebanyakan siswa SD,
SLTP, SLTA, maupun Mahasiswa telah mengenal dan banyak yang telah memiliki
facebook.
Untuk
mengarahkan pengunaan facebook kearah yang positif, tidak ada salahnya kita
sebagai orang tua atau pun pendidik menjadikan facebook sebagai sarana
pembelajaran yang kemungkinan banyak mendatangkan manfaat daripada mudharatnya
sebagai penangkal hal-hal yang bersifat negatif.
Apa
saja yang bisa kita lakukan dengan menjadikan facebook sebagai media
pembelajaran ? tentu saja kita sebagai pendidik yang terutama harus melek IPTEK
dulu. Jika kita bisa memahami perkembangan IPTEK tentu kita mudah untuk
mengikutinya. Dan kita tidak akan kalah dengan siswa-siswi kita yang nota bene
sudah canggih dalam soal teknologi informasi dan komunikasi.
Hal-hal
yang bisa dilakukan dengan facebook sebagai media pendidikan, misalnya :
• Membuat forum diskusi dengan anak didik kita dan memberikan umpan materi diskusi yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah.
• Membuat forum diskusi dengan anak didik kita dan memberikan umpan materi diskusi yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah.
•
Memberikan alamat URL/Web yang berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah,
selanjutnya siswa di tugaskan untuk mempelajari materi tersebut yang kemudian
bisa di bahas di sekolah.
•
Memberikan pekerjaan rumah (PR) melalui facebook, sehingga siswa tidak hanya
menggunakan facebook untuk hal-hal yang kurang bermanfaat tetapi sebagai wadah
komukasi antara guru dan siswa di luar jam sekolah.
•
Sebagai tempat tukar pendapat antara siswa dan guru dengan memberikan suatu
masalah yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah.
Mungkin
masih banyak ide-ide lain yang lebih bagus bermunculan di pikiran Anda. Yang
pasti, kita tentunya tidak ingin anak-anak kita di sesatkan oleh keberadaan
facebook yang sewaktu-waktu bisa saja memerosotkan mental anak bangsa. Hal yang
demikian perlu kita hindari dengan turut serta memikirkan apa yang harus kita
lakukan untuk menyelamatkan mereka dari arus globalisasi yang merusak.
KEUNTUNGAN
DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Keuntungan
:
- Menjalin silaturahmi (Islam menganjurkan kita untuk saling manjaga tali silaturahmi antar sesama umat islam)
- Tempat belajar (banyak game pembelajaran disini, seperti mencoba tes toefl dan lain sebagainya.)
- Refreshing (facebook bisa digunakan untuk sedikit refreshing ditengah kepenatan anda bekerja dikantor, misalnya, seperti bermain game di facebook)
- Bisnis (bagi orang yang bermata bisnis, facebook merupakan salah satu ladang bisnis yang cukup menggiurkan, lihat saja kolom iklan facebook, sepertinya tidak pernah sepi dari iklan, malah makin banyak saja yang beriklan.)
- Tempat curhat (facebook bisa menjadi sarana curhat, kita tinggal menuliskan sepenggal kalimat yang menggirukan di kolom keadaan anda. Pasti deh komentar banyak berdatangan.)
- Praktis (facebook mempunyai banyak fasilitas dibandingkan dengan situs jejaring lainnya. Sehingga lebih praktis dan komplit.contoh fasilitas yang todak da pada situs jejarin lainnya adalah chatting.)
Kerugian
:
- Mengurangi waktu efektif anda (karena anda bisa bermain facebook berjam-jam).
- Pornografi(facebook sangat memungkinkan untuk penyebaran poto-poto yang berbau pornografi)
- Menghabiskan uang Anda (silahkan cek billing warnet ketika anda bermain facebook diwarnet,awas tak terasa uang anda sudah banyak terpakai)
- Tugas sekolah terbengkelai (bagi pelajar, awalnya pergi ke internet sih cari data buat tugas. Tetapi setelah sampai didepan komputer. Yang pertama dibuka adalah facebook, yang kedua facebook, dan yang ketiga facebook, facebookan terus deh. … akhirnya lupa deh tujuan awal ke internet)
- Individualistik.(bagaimanapun silaturahmi tatap muka lebih kena di hati)
- Kerjaan terbengkelai (bagi para bos, sering awasi karyawan anda, kalau tidak ingin kerjaan dikantor anda berantakan)
- Meningkatkan rasa cemburu diantara suami/istri (pernah ada rekan kerja saya (cewek). Karena difacebook dia banyak teman pria waktu kuliah dulu yang sering menuliskan komentar . suaminya jadi cemberut katanya.)
- Menimbulkan pertengkaran keluarga. (karena status di facebook tidak diganti sesuai dengan kenyataan. Awas pertengkaran keluarga mengintai anda.)
- Black campaign (Say no to ….. , Katakan tidak untuk …… itulah yang akhir-akhir ini banyak muncul di facebook).
- Spionase. (Shin Bet selaku lembaga keamanan israel memperingatkan penduduk Israel agar ekstra hati-hati kala memakai Facebook. Pasalnya, Shine Bet menemukan bukti bahwa musuh-musuhnya, yakni organisasi teror di negara-negara Arab memakai situs jejaring seperti Facebook untuk merekrut mata-mata atau bahkan membunuh orang Israel. User Facebook di Israel pun diperingatkan untuk tidak memberi nomor telepon atau membalas pesan orang asing.)
TAMPILAN
FACEBOOK
Halaman Utama Facebook
Home Facebook
Profil Facebook
http://goresanardan.wordpress.com/2010/11/28/manfaat-facebook-untuk-pendidikan/
http://cahyadiblogsan.blogspot.com/2012/03/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan.html
https://www.facebook.com/arlytadwi
No comments:
Post a Comment