Tuesday, May 13, 2014

RESUME PERKULIAHAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN "KEPUASAN HARGA"

KEPUASAN HARGA

PRICE
Menggambarkan sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan atau digunakan untuk suatu produk atau jasa.

PERTIMBANGAN DALAM HARGA
Ø  Faktor Internal (Keputusan Harga)
-          Tujuan Pemasaran (Apakah ingin mendapatkan quantity yang banyak tetapi ramai?)
-          Strategi Bauran Pemasaran (Tempatnya itu milik sendiri atau sewa)
-          Biaya (Berapa cost yang dikeluarkan?)
-          Pertimbangan Organisasi (Contohnya, anaknya dosen unj kuliah di unj tidak dikenakan biaya)
Ø  Faktor Eksternal
-          Pasar dan permintaan (ketika barang sedikit, maka pembeli banyak. Permintaan menjadi banyak, maka harga menjadi naik. Begitu juga sebaliknya)
-          Persaingan
-          Faktor lainnya (ekonomi, penjualan kembali, pemerintah)

MENENTUKAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA
1.      Memilih tujuan penetapan harga.
2.      Menentukan permintaan.
3.      Memperkirakan biaya.
4.      Analisis biaya, harga dan tawaran pesaing.
5.      Memilih metode penetapan harga.
6.      Memilih harga final.

PENDEKATAN PENETAPAN HARGA
-          Permintaan di pasar sasaran
-          Strategi bisnis dan pemasaran
-          Diferensiasi produk
-          Harga pesaing
-          Harga barang substitusi
-          Biaya produksi
Price too high; little or no demand >< Price too low; no profit possible.

Cost – Based Pricing
Contoh :

Bahan Baku                                        :           20.000.000
TKL (Tenaga Kerja Langsung)           :             5.000.000
BOH (Biaya Over Head)                    :             3.000.000   +
Total                                                   :           28.000.000

Berapa barang yang diinginkan? Berapa labanya?
Banyak barang            : 14.000

VC (Variable Cost)     : 28.000.000    =          2.000 Unit
                                         14.000

Laba 20%                                            =             400 +
            Total                                       =          2.400

Break Even Analysis and Target Profit Pricing
Menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat dan memasarkan suatu produk atau menetapkan harga dalam mencapai target profit.
Break even volume :
                                    Fixed cost/price-variable cost

Value – Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual.

Competition – Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk yang serupa.

Strategi Penetapan Harga Produk Baru
Ø  Market Skimming Pricing
Menetapkan harga tinggi untuk produk baru untuk mendapatkan pendapatan maksimum dari sgmen yang berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi
Ø  Market Penetration Pricing
Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.

Strategi Penyesuaian Harga
Strategi
Deskripsi
Discount and allowance pricing
Mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen
Segmented pricing
Menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda.
Psychological pricing
Menyesuaikan harga terhadap efek psikologis
Promotional pricing
Mengurangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
Geographical pricing
Menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis/letak konsumen
International pricing
Menyesuaikan harga untuk pasar internasional

Penetapan Harga Diskriminasi
Segmen pelanggan
Bentuk produk = sama-sama burger tetapi ada yang cheese ada yang beef.
Lokasi = mcd yang biasa sama di bandara, lebih mahal disana.
Waktu = liat kondisi

Penetapan Harga Psikologis
A 200 ml = Rp. 20.000 >> 100/unit
B 175 ml = Rp. 18.900 >> 126/unit
Asumsi nilainya sama.
Ø  Lebih menarik?
Ø   Nilai lebih baik?
Ø  Psikologis harga?

Penetapan harga promosi
Ø  Kepemimpinan harga merugi (supermarket)
Ø  Penetapan harga untuk event spesial
Ø  Potongan harga
Ø  Pembiayaan bunga rendah (contoh: rumah kpr dan rumah elit)
Ø   Pembiayaan jangka panjang
Ø  Garansi dan pelayanan
Ø  Diskon psikologis (contoh: orang2 yang senang belanja barang diskonan)

Pertimbangan dasar keputusan harga untuk dipasarkan di luar Home Country?
Ø  Apakah harga mencerminkan kualitas?
Ø  Apakah harga kompetitif?
Ø  Apakah perusahaan harus menjalankan market penetration, market skimming atau tujuan lainnya?
Ø  Tipe discount dan allowance yang bagaimana yang harus ditawarkan bagi pelanggan internasional?
Ø  Apakah harga harus berbeda bagi segmen yang berbeda?
Ø  Keputusan harga yang bagaimana yang harus diambil apabila biaya perusahaan menurun atau meningkat? Apakah permintaan elastis atau inelastis?
Ø  Apakah harga yang ditetapkan perusahaan dilihat oleh pemerintah host country sebagai harga yang wajar atau eksploitatif?
Ø  Apakah hukum dumping berlaku di host country?

Market holding
Ø  Strategi ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar.
Ø  Dalam pasar global terjadi disebabkan karena fluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga.


No comments:

Post a Comment