Monday, March 3, 2014



ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN
MARKETING ENVIRONMENT
Ø  kekuatan luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan sasaran konsumen.
Ø  Lingkungan ada 2, yaitu :
1.      Microenvironment : lingkungan yang sempit
2.      Macroenvironment : lingkungan yang luas
Berkaitan dengan micro dan macro :
Ø  Manajemen Pemasaran Jasa masuk dan membangun hubungan dengan kostumer berdasarkan nilai dan kepuasan. Contoh, barang bisa sama tetapi bagaimana cara menjualnya.
Ø  Namun, marketing manajer tidak bisa mencapai itu semua sendirian.
Ø  Kesuksesan itu bergantung pada micro dan macro.

THE COMPANY :
1.      Top Management        : Pimpinan puncak >> mempengaruhi karena persetujuan pasti dari pemimpin.
2.      Finance                                    : Keuangan
3.      Riset and Development
4.      Purchasing                   : Pemberian >> pada saat beli barang, pertimbangannya dibeli dan disimpan atau saat dibutuhkan saja.
5.      Manufacturing                        : Bagaimana proses pembuatannya, urutan kerjaannya benar atau tidak, alurnya harus jelas.
6.      Accounting                 : Berupa catatan

SUPPLIERS :
Menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang-barangnya dengan baik.
Ø  Harus dilihat (watch supply availability)
Ø  Memonitor bagaimana tren harga

MARKETING INTERMEDIARIES :
Perusahaan yang membantu perusahaan kita untuk promosi, untuk menjualkan, dan mendistribusikan kepada konsumen akhir. Didalam Marketing Intermediaries, ada : reseller, perusahaan distribusi fisik, marketing service agencies, dan perusahaan-perusahaan yang memiliki kelebihan uang.
COSTUMERS
Ø  Costumer Markets
Ø  Business Markets
Ø  Reseller Markets
Ø  Government Markets
Ø  International Markets
PUBLICS
Ø  Financial Publics
Ø  Media Publics
Ø  Government Publics
Ø  Ciizen-action Publics
Ø  Local Publics
Ø  General Publics
Ø  Internal Publics
DEMOGRAFIC ENVIRONMENT
Ø  Size
Ø  Density
Ø  Location
Ø  Age
Ø  Gender
Ø  Race
Ø  Occupation
Ø  Other Statistic
ECONOMIC ENVIRONMENT
Ø  Buying Power
Ø  Spending Pattern
NATURAL ENVIRONMENT
Ø  Shortages of raw materials
Ø  Increased cost of energy
Ø  Increased Pollution
Ø  Government intervention in natural resources management
TECHNOLOGICAL ENVIRONMENT
Ø  New technologies
Ø  Creating new product
Ø  Market opportunities
Ø  Fast face of technological change
Ø  High R & D budgets
Ø  Concentration on minor improvement
Ø  Increased regulation
POLITICAL ENVIRONMENT
Ø  Laws
Ø  Government agencies
Ø  Pressure group
Ø  Legislation regulating business
Ø  Changing government
CULTURAL ENVIRONMENT
Ø  Persistance of cultural values
Ø  Shift in secondary cultural values
-          People’s views of themselves
-          People’s views of others
-          People’s views of organizations
-          People’s views of society
-          People’s views of nature
-          People’s views of universe

No comments:

Post a Comment