Monday, March 24, 2014

LANJUTAN MARKETING MIX (PEOPLE DAN PROCESS)

PEOPLE (Jasa)
-          Pegawai
-          Manjemen
-          Budaya yg dibangun
-          Pelanggan
Manusia itu merepresentasikan bisnis :
1.       Membangun image membangun sikap
2.       Yang pertama kontak dengan kostumer
3.       Meningkatkan pelatihan dan pengetahuan merupakan focus bagi mereka karena merupakan pelayanan
4.       Statement dr misi itu bagaimana relevansinya
5.       Bagaimana staf merepresentasikan budaya didalam bisnis

PROCESS
Berkaitan dengan bagaimana pelayanan itu digunakan?
-          Bagaimana konsumen menggunakan pelayanan?
-          Proses apa yang memungkin mereka untuk ikut terlibat? Keterlibatan mereka (sales service)
-          Where do they find the availability of the service?
Ø  Contact (contact person) : siapa yng harus dihubungi
Ø  Reminders (pengingat) : setelah melakukan ada yang mengingatkan kembali
Ø  Registration (pendaftaran) : bisa daftar lewat online dahulu, bisa daftar lewat telepon
Ø  Subscription (Langganan) : mendapatkan fasilitas berlangganan
Ø  Form filling (formulir pendaftaran) : bisa manual bisa lewat online
Ø  Degree of technology (tingkat teknologi) : kekuatan teknologi tersebut

PHYSICAL ENVIRONMENT
The ambience, mood or physical presentation of the environment
-          Smart / shabby (jorok dalam cara berfikir, berbicara, bersikap) ?
-          Trendy / retro (klasik) / modern / old fashioned (jadul) ?
-          Light / dark / bright / subdued (soft, lembut) ?
-          Romantic / chic / loud ?
-          Clean / dirty / unkempt / neat ?
-          Music ?
-          Smell ?
THE MARKETING MIX
Blend of the mix depends upon :
-          Marketing objectives (bukan mendapat keuntungan melainkan kepentingan politik)
-          Type of product (Jenis-jenis dari produknya)
-          Target market (melihat siapa target marketnya)
-          Market structure (posisinya dimana)
-          Rival’s behaviour (perilaku dari pesaing)
-          Global issues – culture / religion, etc
-          Marketing position (bagaimana posisi marketingnya, apakah menjadi leader?)
-          Product portofolio
Ø  Product lifecycle (bisa terkait dengan trend)
Ø  Boston matrix


Dalam marketing mix tidak ada yang difokuskan untuk diperhatikan tetapi sesuai dengan kebutuhan. 

No comments:

Post a Comment