Monday, March 17, 2014

Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan (Marketing Mix)



Marketing Mix adalah alat yang tersedia bagi perusahaan untuk memperoleh reaksi target pasar dalam hubungan dengan objek marketing.
Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju. (Kotler, 1997)
Awalnya hanya ada 4P (Product, Price, Place, Promotion) dalam komponen marketing mix, namun semakin berkembangnya jaman muncullah 3 komponen yang baru yang harus dipertimbangkan di dalam Marketing Mix yakni (People, Process, Physcal Environment).

7Ps :
1.      Product
2.      Price
3.      Place
4.      Promotion
5.      People
6.      Process
7.      Physical Environment

1.      PRODUCT
Produk adalah barang yang akan dijual / dibeli oleh konsumen.
a.       Design : desain produknya
b.       Technology : teknologi yang digunakan
c.       Usefulness : kegunaanya (bisa dimanfaatkan / tidak bisa dimanfaatkan produknya)
d.       Converence : kenyamanannya
e.       Value : nilai yang diperoleh dari produk yang digunakan
f.        Quality : kualitas produknya (daya tahan atau bagus tidaknya produk)
g.       Packaging : kemasan (bungkusan produknya)
h.      Branding : merknya
i.         Accessories : perlengkapan yang melengkapi
j.         Warranties : jaminan (garansi)
Bagaimana caranya untuk meningkatkan produk dan penjualan. Bagaimana mendapatkan keuntungan dengan pesaing, diantaranya :
-         Exstension Strategies
Ø  Jangka hidupnya lebih lama (daya tahan)
Ø  Produknya mebuat kemasan baru
Ø  Harganya : bagaimana harga yang dimunculkan pada kostumer
Ø  Promosi : cara baru dalam mengiklankan produk
Ø  Tempat : merubah tempat dimana konsumen membeli. Contoh : online shop.
-         Branding
Ø  Merk mewakili kepribadian
Ø  Melihat logonya, kemasan, rasa (tidak hanya dengan lidah, contoh : minyak wangi)
Ø  Bagaimana bahwa garansi membuktikan barang itu bagus.
Ø  Pake merk yang menimbulkan kebanggaan
Ø  Biasanya harganye lebih mahal
2.      PRICE
Sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Oleh karena menghasilkan penerimaan penjualan, maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan.
Dalam penetapan harga perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik langsung maupun tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi secara langsung adalah harga bahan-baku, biaya produksi, biaya pemasaran, adanya peraturan pemerintah dan faktor lainnya. Faktor yang tidak langsung, namun erat hubungannya dalam penetapan harga, adalah harga produk sejenis yang dijual oleh para pesaing, pengaruh harga terhadap hubungan antara produk subtitusi dan komplementer, serta potongan untuk para penyalur dan konsumen.

Sedangkan tujuan penentuan harga secara umum adalah sebagai berikut:
a)      Untuk bertahan hidup.
b)      Untuk memaksimalkan laba.
c)      Untuk memperbesar market share.
d)      Mutu produk.
e)      Karena pesaing.

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga:
a)      Kebutuhan dana
b)      Persaingan
c)      Kebijaksanaan pemerintah
d)     Target laba yang diinginkan
e)      Jangka waktu
f)       Kualitas jaminan
g)      Reputasi perusahaan
h)      Produk yang kompetitif
i)       Hubungan baik

C. PLACE
Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk ke tangan konsumen atau si pemakai pada waktu yang tepat. Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga yang memasarkan produk berupa barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen. Yang ada di dalam Place adalah :
1.      Retail
2.      Wholesale
3.      Mail Order
4.      Internet
5.      Direct Sales
6.      Peer to Peer
7.      Multi-Channel

Bentuk pola saluran distribusi dapat dibedakan menjadi:
a)      Saluran langsung: Produsen     konsumen
b)      Saluran tidak langsung:
a.       Produsen     Pengecer     Konsumen
b.       Produsen     Pedagang besar / menengah     Pengecer     Konsumen
c. Produsen    Pedagang besar     Pedagang menengah    Pengecer Konsumen.

D.   PROMOTION
Berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
 “It is the communication link between sellers and buyers for the purpose of influencing, informing, or persuading a potential buyer's purchasing decision.”

Tujuan Promosi
·         Menginformasikan
- Menginformasikan ke pasar mengenai produk terbaru
- Mendeskripsikan pelayanan yang tersedia
- Mengemukakan manfaat terbaru dari sebuah produk
- Meluruskan pendapat yang keliru terhadap produk dan perusahaa
- Menginformasikan ke pasar mengenai perubahan harga jual
- Mengurangi ketakutan buyer terhadap produk kita
- Menjelaskan bagaimana produk tersebut dapat diambil manfaatnya
- Membangun image perusahaan.
·         Membujuk
- Membangun brand preference.
- Merayu buyers untuk melakukan pembelian saat ini
- Meningkatkan pemilihan terhadap merek kita
- Membujuk buyers untuk melakukan transaksi penjualan
- Merubah persepsi buyer terhadap atribut – atribut produk kita
·         Mengingatkan
- Mengingatkan buyers mengenai kemungkinan penggunaan produk kita di masa depan
- Menempatkan produk kita ke dalam ingatan buyers pada saat penjualan menurun
- Mengingatkan buyers dimana bisa membeli produk kita
- Menjaga produk kita agar menjadi nomor satu dibenak buyers (top-of-mind)

3.    Bentuk Promosi
·         Above the line promotion: Promosi yang menggunakan mass media (e.g. TV, radio, koran, internet, mobile phones, dan, secara historis, lagu ilustrasi produk atau jasa) dimana perusahaan atau pengiklan membayar advertising agency tertunjuk untuk menempatkan iklan produk atau jasa perusahaan tersebut.
·   Below the line promotion: Bentuk promosi selain yang tersebut di atas. Ini dimaksudkan agar konsumen mengetahui bahwa terdapat bentuk promosi di sekitar mereka. Contoh dari tipe ini adalah sponsorship, penempatan produk, testimonials, promosi penjualan, merchandising, direct mail, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, pameran / trade shows.

No comments:

Post a Comment