Monday, March 10, 2014

SEGMENTATION, TARGETING, AND POSITIONING


Pengertian Segmentasi
Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli yang didasarkan pada kebutuhan (contoh: ikan dan daging perlu lemari pendingin), karakteristik (produknya), perilaku konsumen (meskipun di Carrefour ada yang menjual daging, konsumen tetap membeli daging di pasar), semuanya membutuhkan produk yang berbeda.

Strategi Diferensiasi Pasar
1.       Tanpa pembedaan : Tidak melihat jenis kelamin. Contoh: di kampus.
2.       Melakukan pembedaan : Adanya perbedaan gender. Contoh: di pesantren antara pria dan wanita dipisah.
3.       Terfokus : Melihat kelompok mana yang menjadi fokus. Contoh: adanya TK dilihat karena lingkungan banyak anak-anak.

Melakukan Marketing Research
Marketing research dilakukan untuk mengetahui :
1.       Besar pasar : Melihat banyaknya konsumen, berapa banyak yang akan membeli.
2.       Daya beli konsumen : Menjual barang dengan harga terjangkau, dengan melihat lokasi.
3.       Perbedaan : Barang yg di produksi disesuaikan dengan gender. Contoh : rexona dan rexona men.
4.       Pesaing : Bagaimana membuat produk, memasarkan, dan menjual.
5.       Keterjangkauan : Dari segi mana bisa menjual.
6.       SDM : Ada orang-orang tertentu yang bisa membuat suatu produk, bisa memasarkan, bisa melayani.

Dasar alternatif segmen
Ø  Segmentasi demografis berdasarkan
-          Gender (pria dan wanita)
-          Usia (anak-anak, remaja, orang tua)
-          Ukuran keluarga (fasilitas berdasarkan kebutuhannya)
Ø  Segmentasi sosio ekonomis berdasarkan
-          Pendapatan (penghasilan yang didapat)
-          Pendidikan (kebutuhan anak sd, smp, sma berbeda. Co : handphone)
-          Kelas sosial (berdasarkan keturunan)
-          Etnik (berdasarkan etnis)
Ø  Segmentasi psikografis
-          Perilaku (berdasarkan tingkah laku sehari-hari. Co: pilihan warna berdasarkan kepribadian)
-          Gaya hidup (berdasarkan penampilan)
Ø  Segmentasi geografis
-          Lingkup pasar (darimana konsumen hadir, mencari tempat strategis)
-          Kepadatan penduduk (tk ditengah kota tidak ada yang berminat)
-          Iklim (menjual barang berdasarkan musim)
Ø  Segmentasi benefit
-          Alasan utama (manfaat apa yang akan diperoleh)
Ø  Segmentasi penggunaan
-          Heavy users (penggunaannya tinggi. Co : tas)
-          Medium users (penggunaannya sedang (jarang2). Co : baju koko pd saat solat jumat)
-          Occasional users (dipakai hanya sekali)
-          Non-users (membeli tidak untuk kepentingan diri sendiri)

TARGETING
Ø  Proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani.
Ø  Seleksi pasar sasaran
Ø  Pasar sasaran, terdiri dari kumpulan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani
Ø  3 strategi yang dipilih :
1.       Tanpa pembedaan
2.       Ada pembedaan
3.       Terfokus

Landasan tergeting
Ø  Sember daya perusahaan
Ø  Variabilitas produk (kemasan, harga, warna, ukuran, rasa, jenis, konten)
Ø  Tahapan produk dalam daur hidup (panjang atau tidak prodak itu di produksi)
Ø  Variabilitas pasar (merk sama tetapi harga dan kualitas yang membedakan)
Ø  Strategi pesaing

POSITIONING
Ø  Proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan pesaing
Ø  Terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen (kita menjual bukan berdasarkan apa yang kita mau tetapi berdasarkan kemauan konsumen)
Tiga langkah positioning :
1.       Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
2.       Memilih keunggulan yang paling kuat
3.       Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar

Mis positioning
Ø  Underpositioning : konsumen tidak mengenal keunggulan produk
Ø  Overpositioning : konsumen punya gambaran minimal keunggulan produk
Ø  Confused positioning : konsumen tidak merasa pasti, banyak janji
Ø  Doubtful positioning : ada keraguan konsumen terhadap kualitas produk

No comments:

Post a Comment